Kamis, 29 Oktober 2015

Internet of Things (IoT)

Internet of Things
(IoT)



          Akhir-akhir ini sedang booming dan sangat pesatnya pertumbuhan Internet of Things (IoT), perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat tebentuknya IoT, sebenarnya apa si IoT?
Hmm menurut Wikipedia singkatnya Internet of Things (IoT) adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus.
         Adapun kemampuannya untuk remote control, berbagi data, dan sebagainya, termasuk pada benda-benda di dunia fisik, elektronik, koleksi, termasuk benda hidup, dan benda apa saja semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor tertanam dan selalu aktif.

        Saat ini, semua aktivitas manusia selalu terhubung dengan jaringan internet, seperti aktivitas transportasi, kesehatan, keamanan, smart infrastructure, dll
Adanya IoT sangat membantu unruk mempermudah aktifitas manusia untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa harus adanya interaksi antar manusia.
        Cara Kerja Internet of Things yaitu dengan memanfaatkan sebuah argumentasi pemrograman yang dimana tiap-tiap perintah argumennya itu menghasilkan sebuah interaksi antara sesama mesin yang terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusia dan dalam jarak berapa pun.Internetlah yang menjadi penghubung di antara kedua interaksi mesin tersebut, sementara manusia hanya bertugas sebagai pengatur dan pengawas bekerjanya alat tersebut secara langsung.
         Sebelum terbentuknya Io T ada mesin Coke di Carnegie Melon University diawal 1980-an, para programmer dapat terhubung di mesin melalui intenert,
Setelah itu mucul istilah IoT tahun 1999 yang peertama kalinya disebut saat presentasi oleh Kevin Asthon mulai popular melalui Auto-ID Center di MIT
         Beberapa contoh konkrit dari “wearable” yang mulai dipasarkan di dunia adalah : Google Glass, Google Nest, Nike Fit, dan Samsung Smart Watch. Tidak hanya wearables, Samsung juga mulai merambah dan mengembangkan teknologi IOT di bidang consumer appliances seperti : Smart Air Conditioner, Smart TV, Smart Refrigerator

          Manfaat IoT Berbagai macam impelementasi IoT adalah dalam kehidupan sehari-hari kita. Bahkan beberapa mungkin telah kita lakukan, hanyasaja tidak terpikir bahwa itu adalah bagian dari IoT. Berikut ini adalah beberapa manfaat dalam beberapa bidang, yakni :
1.      Sektor Pembangunan
2.      Sektor Energi
3.      Sektor Rumah Tangga
4.      Sektor Kesehatan
5.      Sektor Industri
6.      Transportasi
7.      Perdagangan
8.      Keamanan
9.      Teknologi dan Jaringan
Penerapan dan aplikasi dari teknologi tersebut juga sangat bervariasi dan dapat diterapkan di semua bidang selama tujuan akhirnya tersebut tercapai. Beberapa contoh penerapan konsep Smart City di Indonesia:
  • E-government
  • E-budgeting
  • Jakarta Smart City
  • Command Center di Bandung
  • E-village di Banyuwangi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar